About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Jasa Laporan Keuangan UMKM: Seberapa Pentingkah Bagi Perusahaan Anda?

Jasa Laporan Keuangan UMKM

Tax Now – Jasa laporan keuangan UMKM merupakan layanan yang relatif cukup sering dicari oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah itu. Pasalnya keberadaan laporan keuangan ini amatlah penting, terutama jika UMKM ingin meningkatkan level bisnisnya.  

Skala usaha yang relatif belum terlalu besar dan budget yang ketat seringkali membuat pelaku UMKM belum memiliki karyawan khusus akunting. Itu sebabnya memafaatkan jasa laporan keuangan UMKM melalui tenaga akuntan lepas bisa menjadi salah satu opsi solusi.

Jenis Laporan Keuangan UMKM

Keberadaan laporan keuangan sangatlah penting untuk menilai profitabilitas dan efektivitas penggunaan dana untuk kinerja perusahaan. Oleh karena itulah, semua jenis perusahaan wajib untuk memiliki laporan keuangan tersebut.

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang wajib dimiliki oleh perusahaan UMKM maupun non-UMKM. Meski jenisnya sama, kemungkinan detail komponen biaya perusahaan UMKM relatif tidak sekompleks non-UMKM mengingat skala usahanya yang lebih kecil.

Adapun beberapa jenis laporan keuangan perusahaan tersebut antara lain meliputi:

Laporan Arus Kas

Laporan ini berisi catatan nominal pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam suatu periode tertentu. Fungsi laporan ini adalah untuk memungkinkan Anda mengevaluasi perubahan dalam aktiva bersih, likuiditas dan solvabilitas keuangan perusahaan.

 

Laporan Rugi Laba

Dalam laporan ini tercatat jumlah pendapatan dan beban keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi tertentu. Pencatatan tersebut umumnya dilakukan dalam format debit dan kredit perusahaan.

Sesuai namanya, laporan ini berfungsi untuk mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian yang mungkin dialami oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu.  

 

Laporan Neraca Perusahaan

Laporan neraca ini berisi informasi mengenai jumlah aset, kewajiban, serta ekuitas yang dimiliki perusahaan dalam suatu kurun waktu tertentu. Fungsi neraca ini adalah memberikan gambaran menyeluruh mengenai kondisi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Manfaat Menggunakan Jasa Laporan Keuangan UMKM dengan Sistem Freelance

Sebagai pemilik usaha, barangkali selama ini Anda juga telah berupaya untuk melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan perusahaan secara sederhana. Hal ini tentu sudah sangat baik dan akan bisa lebih Anda tingkatkan lagi dengan adanya tenaga akunting profesional.

Bahkan jika Anda kebetulan memiliki latar belakang pendidikan akuntasi, mendelegasikan tugas pembukuan tersebut pada tenaga profesional bukanlah pilihan yang buruk. Hal itu akan membuat Anda bisa lebih fokus pada urusan manajerial dan menyusun strategi perusahaan.  

Selain itu, bekerja sama dengan vendor penyedia jasa akuntan lepas untuk membantu menyusun laporan keuangan memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Meningkatkan profesionalisme perusahaan di bidang keuangan

Selama mengelola jalannya perusahaan, Anda barangkali bisa jadi telah menyusun catatan keuangan perusahaan secara sederhana. Seorang akuntan profesional akan dapat membantu Anda melakukan pencatatan ini sesuai standar dan kaidah akuntansi yang umum berlaku.

Dengan demikian, profesionalisme perusahaan dalam hal pencatatan keuangan pun akan meningkat. Lebih lanjut, akuntan rekanan Anda pun akan bisa membantu untuk memisahkan harta milik pribadi Anda dari aset perusahaan.

Memperoleh sejumlah layanan jasa akuntasi dengan tarif lebih ekonomis

Selain pembuatan laporan keuangan, vendor penyedia jasa akuntansi umumnya juga menyediakan sejumlah layanan lainnya. Jenis layanan tersebut antara lain administrasi atau inventori gudang, perpajakan, payroll, bahkan juga penyediaan software akuntansi.

Vendor penyedia jasa akuntansi untuk UMKM tersebut biasanya juga mengemas layanannya dalam bentuk paket. Anda bisa memilih paket dengan jenis layanan dan tarif yang sesuai dengan budget serta kebutuhan perusahaan.

Dengan memilih bekerja sama dengan penyedia jasa akutansi lepas atau freelance, Anda bisa lebih menghemat anggaran untuk biaya tenaga kerja. Anda tak perlu lagi pusing memikirkan urusan membayar gaji, tunjangan, bahkan uang lembur untuk karyawan akuntansi Anda.

Membantu memberikan gambaran kondisi keuangan dengan lebih akurat

Dengan adanya pencatatan yang lebih profesional, niscaya laporan keuangan yang dihasilkan pun akan lebih akurat. Dengan begitu, Anda akan bisa memperoleh gambaran yang lebih presisi mengenai kondisi finansial perusahaan.

Gambaran tersebut nantinya akan dapat menjadi acuan Anda dalam menyusun strategi serta langkah-langkah kebijakan perusahaan selanjutnya. Data-data yang tepat dan akurat akan memungkinkan Anda menyusun langkah strategic yang lebih tepat pula.

Mendorong kemajuan dan perkembangan perusahaan

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu berharap bisnis Anda dapat terus maju dan berkembang. Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan melakukan pencatatan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM).

Dengan adanya kesiapan pencatatan keuangan akuntansi, Anda dapat meminimalkan resiko kekeliruan yang mungkin terjadi saat perusahaan nantinya mengalami perkembangan. Hal ini akan bisa menghindarkan perusahaan dari resiko kerugian akibat kekeliruan akuntansi.  

 

Beberapa Pertimbangan Sebelum Memanfaatkan Jasa Laporan Keuangan UMKM

Meski dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan, bekerja sama dengan akuntan lepas untuk mengurus laporan keuangan juga memiliki beberapa resiko. Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih langkah ini antara lain:

 

Menyangkut masalah krusial terkait keuangan perusahaan

Urusan keuangan perusahaan adalah sesuatu yang penting dan krusial. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mempercayakannya pada sembarang orang. Anda perlu memastikan pihak yang menangani soal keuangan ini memiliki kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Jika Anda sudah menemukan vendor penyedia jasa akuntan lepas yang memuaskan, tidak ada salahnya untuk terus berlangganan. Hal ini dapat membuat kinerja akuntan lepas itu menjadi lebih optimal seiring meningkatnya loyalitas dan pengenalannya pada bisnis Anda.

Pihak akuntan lepas mungkin harus membagi fokus dan loyalitas kerjanya

Penyedia jasa akuntan lepas atau freelance kemungkinan besar tidak hanya memiliki satu klien saja. Bisa jadi mereka malah harus menangani sejumlah klien dalam waktu yang berbarengan mengingat periode akuntansi perusahaan umumnya relatif hampir sama.  

Hal itu bisa menyebabkan kualitas kerja akuntan lepas menjadi kurang maksimal. Bahkan, bukan tidak mungkin pengerjaan laporan keuangan tersebut jadi tidak tepat waktu. Kontrol Anda terhadap hal ini relatif minim mengingat akuntan itu bukanlah karyawan tetap Anda.

Keterbatasan komunikasi dan pemahaman akuntan mengenai kondisi perusahaan

Akuntan lepas kemungkinan besar tidak akan selalu menjalankan pekerjaannya secara penuh waktu di lokasi perusahaan Anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami kesulitan jika sewaktu-waktu perlu berkomunikasi dengan akuntan tersebut.

Selain itu, pemahaman akuntan lepas mengenai seluk beluk perusahaan kemungkinan juga relatif terbatas. Hal ini karena akuntan tersebut bukanlah karyawan tetap yang wajib bersinergi dan terlibat langsung dalam urusan operasional perusahaan sehari-hari.  

Hal tersebut sebetulnya bisa membuat akuntan lepas jadi memiliki pandangan yang lebih obyektif mengenai perusahaan Anda. Namun, hal itu juga bisa membuat hasil analisa keuangannya jadi kurang dalam dan mengena.

Memanfaatkan layanan penyedia jasa laporan keuangan UMKM profesional dapat memberi dampak positif, bahkan mendukung kemajuan perusahaan Anda. Pilihlah vendor penyedia jasa yang bonafid agar hasil yang Anda dapatkan pun lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*