About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Kantor Jasa Akuntan di Bandung: Simak Manfaat dan Tipsnya

Kantor Jasa Akuntan di Bandung

Tax Now – Laporan keuangan dan pajak merupakan hal penting bagi legalitas sebagai suatu lembaga usaha. Oleh karena itu, keberadaan Kantor Jasa Akuntan di Bandung juga menjadi hal penting. Simak apa saja manfaat serta bagaimana mendapatkan perizinannya pada penjelasan berikut ini.

Kantor Jasa Akuntansi Adalah

Kantor Jasa Akuntansi Adalah

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memahami terlebih dahulu Kantor Jasa Akuntansi Adalah badan usaha yang akan memberikan jasa berkaitan dengan akuntansi meliputi:

  • Jasa pembukuan
  • Jasa kompilasi laporan keuangan
  • Jasa manajemen
  • Akuntansi manajemen
  • Konsultasi manajemen
  • Jasa Perpajakan

Agar bisa menjalankan KJA, Anda harus mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selain itu, Anda juga harus menjadi anggota dari Ikatan Akuntansi Indonesia. 

Oleh karena akuntansi keuangan memegang peranan penting dalam keberlangsungan, maka perusahaan membutuhkan KJA. Tugas utamanya yaitu membantu pembukuan dan melaporkan posisi keuangannya. 

Siapa yang Menggunakan Kantor Jasa Akuntansi di Bandung

Pada dasarnya Kantor Jasa Akuntansi di Bandung bisa Anda manfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan untuk mengelola laporan keuangan. Pengguna Kantor Jasa Akuntansi bisa orang pribadi, pengusaha perseorangan, lembaga usaha baik itu koperasi, yayasan, atau lembaga berbadan hukum lainnya.

Manfaat KJA Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan memerlukan Kantor Akuntan Publik Bandung karena memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Pengusaha mendapatkan kemudahan untuk penyusunan laporan keuangan. Sebab, tugas tersebut akan ditangani oleh Akuntan yang profesional dan berpengalaman.
  • Anda tidak perlu meragukan kredibilitas dari laporan keuangan karena penyusunan laporan sesuai dengan standar yang berlaku. Standar yang digunakan antara lain SAK Umum, SAK ETAP, dan SAK EMKM.
  • Selain itu, tercipta persepsi yang bagus untuk perusahaan karena laporan keuangan telah ditangani oleh Akuntan yang profesional. Sehingga laporan dapat dipercaya dan pengusaha bisa memanfaatkannya sebagai syarat pengajuan pendanaan kepada kreditur.
  • Pengusaha juga akan lebih leluasa dalam menjalankan bisnis, sebab laporan keuangan rapi dan akuntabel. 
  • Selain itu, Anda juga akan mendapatkan analisa keuangan yang informatif. Hal ini sangat membantu perusahaan dalam menentukan strategi berkaitan dengan pengeluaran maupun target pemasukan. 
  • Tidak hanya itu, melainkan perusahaan bisa melakukan ekspansi serta bekerjasama dengan investor. Sebab, memiliki laporan keuangan yang ada telah memenuhi standar berlaku sehingga bisa mendapatkan pengakuan dari lembaga usaha maupun lembaga keuangan lainnya.
  • Anda juga tidak perlu memikirkan masalah kerahasiaan, sebab KJA akan menjamin data perusahaan. Hal tersebut berkaitan dengan kode etik profesi yang harus dipegang teguh oleh Akuntan yang ada pada KJA.

Perizinan Kantor Jasa Akuntan di Bandung

Perizinan Kantor Jasa Akuntan di Bandung

Seringkali Anda mendengarkan istilah KJA telah digunakan secara luas. untuk menjalankan daftar kantor jasa akuntansi di Indonesia harus mendapatkan pengakuan resmi melalui dari Menteri Keuangan. Dasar hukum ada pada Peraturan Menteri nomor 25 tahun 2014. 

Untuk bisa menjalankan KJA, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

Akuntan Beregister Negara

Persyaratan pertama yaitu KJA memiliki Akuntan Beregister Negara. Akuntan Beregister merupakan seseorang yang terdaftar pada pada Register Negara Akuntan. 

Bisa disimpulkan bahwa Register Negara Akuntan merupakan daftar yang memuat nomor serta nama orang yang akan mendapatkan gelar akuntan. Gelar tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 25 tahun 2014 harus memenuhi beberapa syarat, seperti:

  • Sudah dinyatakan lulus dari Pendidikan Profesi Akuntansi atau lulus ujian sertifikasi akuntan profesional. Sehingga nantinya akan mendapatkan gelar AK atau Akuntan.
  • Untuk mendirikan Kantor Jasa akuntan di Bandung telah memiliki pengalaman di bidang akuntansi.
  • Selain itu, telah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Profesi Akuntan pada Ikatan Akuntan Indonesia.

Sehingga KJA tidak bisa berjalan tanpa seorang akuntan yang telah memiliki register negara. Jika Anda telah mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi belum cukup untuk menjadi Akuntan Beregister Negara. Sehingga belum bisa mendirikan KJA secara legal.

Syarat Untuk Mendirikan KJA

Anda bisa mendirikan KJA, bisa mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 25 tahun 2014. Pasal 9 menjelaskan persyaratan untuk mendirikan KJA sehingga bisa mengeluarkan lowongan kerja Kantor Akuntan Publik Bandung, antara lain:

  • Memiliki tempat untuk menjalankan usaha, yakni berdomisili di wilayah NKRI.
  • Selanjutnya, memiliki NPWP sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.
  • Memiliki rancangan untuk sistem pengendalian mutu.
  • Telah membuat surat pernyataan pendirian KJA dengan membubuhkan materai untuk bentuk usaha perseorangan. Di dalam surat pernyataan pendirian tersebut berisi nama dan alamat akuntan, nama dan domisili KJA, serta maksud dan tujuan pendirian KJA.
  • Memiliki akta pendirian yang telah mendapatkan pengesahan dari notaris khusus untuk KJA berbentuk firma, koperasi dan PT.
  • Melengkapi formulir permohonan izin.

Kantor Jasa Akuntan di Bandung harus dilengkapi dengan dokumen pendukung, meliputi:

  • Fotokopi piagam Register Negara Akuntan. Piagam ini merupakan bentuk pengakuan kepada seseorang yang telah memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang akuntansi.
  • Kopi bukti sebagai anggota Asosiasi Profesi Akuntan.
  • Mendaftar akuntan, jika KJA berbentuk usaha selain perseorangan.
  • Fotokopi NPWP atas nama Akuntan untuk KJA berbentuk usaha selain perseorangan.
  • Mempersiapkan surat pernyataan pendirian Kantor Jasa Akuntansi bermaterai khusus untuk usaha perseorangan.
  • Selain itu, KAP Bandung terbaik juga memiliki surat pernyataan pendirian KJA bagi bentuk usaha perseorangan.
  • Akta pendirian dan pengesahan untuk KJA yang bentuknya bukan usaha perseorangan.
  • Fotokopi KTP atau bisa juga menggunakan tanda bukti domisili dari akuntan.
  • Tanda bukti kepemilikan atau sewa kantor.
  • Foto tampak depan atau dalam ruangan kantor KJA.
  • Surat persetujuan dari seluruh rekan yang ada di KJA. Hal ini berkaitan dengan penunjukan salah satu rekan menjadi pemimpin dalam KJA berbentuk persekutuan perdata atau firma.
  • Susunan pengurus jika KJA berbentuk PT.

Tips Memilih Kantor Jasa Akuntan di Bandung

Tips Memilih Kantor Jasa Akuntan di Bandung

Sudah menjadi kewajiban pemilik usaha memilih KJA karena manfaatnya yang banyak untuk perkembangan perusahaan. Sehingga memerlukan akuntan yang profesional agar dapat memberikan hasil yang lebih baik lagi. Oleh karena itu Anda juga perlu magang di KAP Bandung.

Agar bisa mendapatkan KJA yang profesional, maka ikuti beberapa tips berikut ini:

Lihat Kebutuhan Perusahaan

Setiap akuntan memiliki spesialis sendiri, mulai dari yang memahami pajak hingga permasalahan yang umum. Sehingga, Anda perlu mencari tahu kebutuhan perusahaan apa saja. Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan dengan layanan yang disediakan oleh KJA.

Kemampuan KJA

Seorang yang bertugas di KJA akan bersinggungan langsung dengan keuangan perusahaan. Itu artinya perusahaan harus mencari akuntan yang benar-benar profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Anda bisa memperhatikan pengalaman dan kemampuan dalam menangani laporan keuangan. Selain itu, Anda bisa memperhatikan attitude karena akan memberikan pengaruh kepada cara kerjanya.

Sesuaikan dengan Biaya 

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan yaitu tarif atau biaya yang ditawarkan oleh KJA. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan pelayanan apa saja yang akan Anda dapatkan setelah membayar sejumlah biaya.

Kantor Jasa Akuntan di Bandung sangat penting keberadaannya karena berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai data-data perusahaan karena tetap aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*