About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Cara Memperoleh EFIN Pajak Tanpa Harus Datang ke KPP

Cara Mendapatkan EFIN Pajak

Tax Now – Agar bisa melakukan e-filing pajak untuk SPT tahunan orang pribadi, Anda harus memahami cara memperoleh EFIN pajak.

Saat ini, sistem pelaporan pajak bisa Anda lakukan secara online, sehingga tidak perlu datang ke kantor pajak. 

Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, sehingga masyarakat tidak perlu antri untuk proses pelaporan pajak.

Cara Memperoleh EFIN Pajak: EFIN Pajak Online Adalah

EFIN Pajak Online Adalah

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk ke APBN. Sehingga pajak menjadi tulang punggung pembangunan untuk negara. 

Lebih dari 75 persen pengeluaran negara dibiayai dari sumber pendapatan pajak yang didapatkan dari wajib pajak.

Oleh karena itu, pemerintah gencar mensosialisasikan pentingnya membayar pajak kepada masyarakat.

Salah satu instrumen dalam pembayaran pajak adalah EFIN. Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas yang diterbitkan Ditjen Pajak untuk transaksi perpajakan.

Fungsinya agar setiap wajib pajak mudah melakukan transaksi online. Adanya EFIN pajak online sangat membantu wajib pajak baik orang pribadi maupun badan.

Manfaat aktivasi EFIN pajak

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memperoleh EFIN pajak, sebaiknya mengetahui apa saja manfaat mengaktivasi EFIN.

Mengapa EFIN pajak penting? Ada beberapa manfaat saat Anda melakukan aktivasi nomor EFIN pajak, antara lain:

  • Wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online serta bisa melakukan pelaporan SPT tahunan tanpa perlu antre di KPP.
  • EFIN menjamin kerahasiaan data wajib pajak yang masuk ke sistem pajak online.
  • Melaporkan pajak secara online, maka data akan terekam di sistem pajak. Untuk laporan pajak tahunan yang berikutnya, wajib pajak tidak perlu mengulang isian dari awal.

Syarat mendapatkan EFIN

Sebelum melakukan pendaftaran EFIN pajak go id, Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan. Di bawah ini beberapa persyaratan untuk beberapa kategori wajib pajak, antara lain:

Wajib pajak badan kantor pusat

Untuk wajib pajak badan kantor pusat harus memenuhi beberapa persyaratan EFIN pajak.go.id untuk mendaftar, antara lain:

  • NPWP atau SKT wajib pajak badan.
  • Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar atas nama pengurus wajib pajak badan.
  • Kartu identitas dari pengurus. Bisa berupa KTP untuk WNI, sedangkan untuk WNA menggunakan KITAS atau KITAP.
  • Surat kuasa jika menunjuk orang untuk mewakili wajib pajak badan.

Wajib pajak kantor cabang

Untuk mengurus EFIN kantor cabang, pihak pengurus harus mempersiapkan beberapa persyaratan, antara lain:

  • Kartu NPWP wajib pajak kantor cabang.
  • NPWP atas nama pengurus perusahaan.
  • Kartu identitas pengurus.
  • Surat pengangkatan dari pimpinan kantor cabang.
  • Sertakan surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili wajib pajak.

Wajib pajak pribadi

Cara memperoleh EFIN pajak harus mempersiapkan beberapa persyaratan untuk wajib pajak pribadi, antara lain:

  • Melengkapi formulir pendaftaran permohonan EFIN dan aktivasi.
  • Mempersiapkan alamat email aktif.
  • Fotokopi dan berkas asli KTP.
  • Melampirkan fotokopi dan berkas asli NPWP.

Setelah mendapatkan EFIN untuk badan usaha, Anda harus menjaga kerahasiaan agar terhindar dari penggunaan yang tidak sah.

Untuk registrasi cara memperoleh EFIN pajak badan, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke akun online pajak.
  • Kemudian, pilih perusahaan yang hendak Anda daftarkan EFIN.
  • Setelah itu, klik e-filing di menu pengaturan pada navigasi bar yang ada di samping kiri. 
  • Ketikkan EFIN Anda.

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Cara Memperoleh EFIN Pajak 

Beberapa Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Cara Memperoleh EFIN Pajak

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan e filing dan mendapatkan nomor EFIN pajak, antara lain:

  • Wajib pajak tidak bisa menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT tahunan secara online.
  • Mulai tahun 2016, e-filing pajak diwajibkan bagi PKP dan pengguna e-faktur untuk SPT tahunan badan.
  • Proses persiapan menggunakan lapor pajak online.
  • Aplikasi e-filing pajak bisa diakses secara gratis.
  • Perhatikan batas waktu pelaporan pajak online untuk badan.
  • Pahami juga denda keterlambatan laporan SPT online.

Untuk mengetahui nominal pajak yang harus Anda bayarkan secara akurat. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan saat pelaporan pajak.

Namun, perlu Anda ketahui jika terlambat membayar pajak akan dikenakan denda 2 persen setiap bulannya. Perhitungan dimulai dari tanggal jatuh tempo hingga tanggal pembayaran.

Cara Memperoleh EFIN Pajak Secara Online Untuk Perusahaan

Cara Memperoleh EFIN Pajak Secara Online Untuk Perusahaan

Setelah melengkapi syarat EFIN badan, selanjutnya ikuti cara membuat EFIN online berikut ini:

Download formulir pendaftaran

Untuk mendapatkan formulir cara mendapatkan EFIN tanpa ke kantor pajak bisa mengaksesnya secara online. Ikuti langkah-langkah mengurus EFIN online berikut ini:

  1. Masuk ke situs resmi DJP pajak.
  2. Kemudian, klik PDF formulir EFIN yang ada di bagian bawah dan unduh.

Mengiris formulir EFIN badan online

Anda perlu mengisi formulir dari syarat pengajuan EFIN badan dengan ketentuan berikut ini:

  • Isilah formulir permohonan EFIN dengan jelas.
  • Kemudian centang kolom Wajib Pajak Badan.
  • Isi data NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir dan data pengurus yang mendapatkan kuasa.
  • Langkah selanjutnya, kosongkan kolom EFIN.
  • Lalu, masukkan nomor telepon dan alamat email aktif.
  • Tambahkan tanda tangan pada formulir dan tulis tanggal dan tempat.

Lakukan swafoto

Langkah selanjutnya daftar EFIN pajak adalah melakukan swafoto, antara lain:

  1. Foto formulir permohonan EFIN yang sudah Anda isi secara lengkap.
  2. Kemudian ambil swafoto dengan posisi memegang KTP dan NPWP asli.

Ajukan EFIN badan online

Tahapan selanjutnya adalah mengirim pengajuan EFIN badan secara online dengan cara:

  1. Tulis judul “Permohonan EFIN badan” dalam judul email.
  2. Selanjutnya, untuk mengetahui di KPP mana wajib pajak badan terdaftar, Anda bisa mengeceknya melalui kartu NPWP.
  3. Namun, ada cara lain untuk mengetahui di mana KPP terdaftar, yaitu melalui pencarian Google dengan kata kunci “Unit Kerja KPP”.
  4. Kemudian, lampirkan foto formulir permohonan EFIN badan dan Swafoto dengan memegang KTP serta NPWP melalui email.
  5. Kirimkan email ke KPP.

Menunggu proses permohonan EFIN badan

Apabila seluruh proses sudah Anda laksanakan, maka selanjutnya hanya tinggal menunggu permohonan diproses oleh DJP.

Untuk mengetahui status permohonan EFIN pajak, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Anda bisa mencari tahu dengan mengunjungi KPP tempat wajib pajak Badan terdaftar.
  • Selain itu, Anda bisa menghubungi melalui sambungan telepon layanan pajak.
  • Kirimkan email ke KPP EFIN pajak.go.id online.
  • DJP akan mendapatkan email balasan kurang dari 24 jam berisi kode EFIN.

Agar bisa melakukan e-filing, wajib pajak harus memiliki EFIN terlebih dahulu. EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DKP untuk para wajib pajak.

Baik wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan harus memiliki EFIN agar bisa melakukan transaksi perpajakan secara online. 

Pengajuan aktivasi EFIN harus dilakukan oleh wajib pajak yang bersangkutan setelah terbitnya aturan baru. 

Tidak mau kerepotan saat harus mengurus segala hal yang berkaitan dengan pajak? Anda bisa menggunakan layanan jasa pajak Tax Now.

Di tangan para profesional, masalah cara memperoleh EFIN pajak bukan menjadi hal rumit. Anda tinggal menunggu nomor EFIN Anda keluar tanpa khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*