Mengenal Pajak Laba Usaha dalam Tax Treaty
Konsultan pajak – Dalam era globalisasi saat ini, semakin banyak...
684 West College St. Sun City, United States America, 064781.
Tax Now – Agar bisa melakukan e-filing pajak untuk SPT tahunan orang pribadi, Anda harus memahami cara memperoleh EFIN pajak.
Saat ini, sistem pelaporan pajak bisa Anda lakukan secara online, sehingga tidak perlu datang ke kantor pajak.
Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, sehingga masyarakat tidak perlu antri untuk proses pelaporan pajak.
Pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk ke APBN. Sehingga pajak menjadi tulang punggung pembangunan untuk negara.
Lebih dari 75 persen pengeluaran negara dibiayai dari sumber pendapatan pajak yang didapatkan dari wajib pajak.
Oleh karena itu, pemerintah gencar mensosialisasikan pentingnya membayar pajak kepada masyarakat.
Salah satu instrumen dalam pembayaran pajak adalah EFIN. Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas yang diterbitkan Ditjen Pajak untuk transaksi perpajakan.
Fungsinya agar setiap wajib pajak mudah melakukan transaksi online. Adanya EFIN pajak online sangat membantu wajib pajak baik orang pribadi maupun badan.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memperoleh EFIN pajak, sebaiknya mengetahui apa saja manfaat mengaktivasi EFIN.
Mengapa EFIN pajak penting? Ada beberapa manfaat saat Anda melakukan aktivasi nomor EFIN pajak, antara lain:
Sebelum melakukan pendaftaran EFIN pajak go id, Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan. Di bawah ini beberapa persyaratan untuk beberapa kategori wajib pajak, antara lain:
Untuk wajib pajak badan kantor pusat harus memenuhi beberapa persyaratan EFIN pajak.go.id untuk mendaftar, antara lain:
Untuk mengurus EFIN kantor cabang, pihak pengurus harus mempersiapkan beberapa persyaratan, antara lain:
Cara memperoleh EFIN pajak harus mempersiapkan beberapa persyaratan untuk wajib pajak pribadi, antara lain:
Setelah mendapatkan EFIN untuk badan usaha, Anda harus menjaga kerahasiaan agar terhindar dari penggunaan yang tidak sah.
Untuk registrasi cara memperoleh EFIN pajak badan, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan e filing dan mendapatkan nomor EFIN pajak, antara lain:
Untuk mengetahui nominal pajak yang harus Anda bayarkan secara akurat. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan saat pelaporan pajak.
Namun, perlu Anda ketahui jika terlambat membayar pajak akan dikenakan denda 2 persen setiap bulannya. Perhitungan dimulai dari tanggal jatuh tempo hingga tanggal pembayaran.
Setelah melengkapi syarat EFIN badan, selanjutnya ikuti cara membuat EFIN online berikut ini:
Untuk mendapatkan formulir cara mendapatkan EFIN tanpa ke kantor pajak bisa mengaksesnya secara online. Ikuti langkah-langkah mengurus EFIN online berikut ini:
Anda perlu mengisi formulir dari syarat pengajuan EFIN badan dengan ketentuan berikut ini:
Langkah selanjutnya daftar EFIN pajak adalah melakukan swafoto, antara lain:
Tahapan selanjutnya adalah mengirim pengajuan EFIN badan secara online dengan cara:
Apabila seluruh proses sudah Anda laksanakan, maka selanjutnya hanya tinggal menunggu permohonan diproses oleh DJP.
Untuk mengetahui status permohonan EFIN pajak, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:
Agar bisa melakukan e-filing, wajib pajak harus memiliki EFIN terlebih dahulu. EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DKP untuk para wajib pajak.
Baik wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan harus memiliki EFIN agar bisa melakukan transaksi perpajakan secara online.
Pengajuan aktivasi EFIN harus dilakukan oleh wajib pajak yang bersangkutan setelah terbitnya aturan baru.
Tidak mau kerepotan saat harus mengurus segala hal yang berkaitan dengan pajak? Anda bisa menggunakan layanan jasa pajak Tax Now.
Di tangan para profesional, masalah cara memperoleh EFIN pajak bukan menjadi hal rumit. Anda tinggal menunggu nomor EFIN Anda keluar tanpa khawatir.