About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Tugas Seorang Akunting: Ada 10 yang Harus Anda Tahu!

Tugas Seorang Akunting

Tax Now – Agar bisnis berjalan lancar, maka keberadaan jabatan accounting staff sangat penting. Kenali apa saja tugas seorang akunting sehingga tahu apa saja tanggung jawab mengelola keuangan perusahaan. Setiap tugas yang diemban tentunya harus dibarengi dengan keahlian yang dimiliki.

Tugas Seorang Akunting: Apa Itu Staff Akunting 

Mengenal Apa Itu Staff Akunting 

Sebelum Anda berkarir sebagai staff akunting, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa arti jabatan tersebut. Posisi accounting merupakan jabatan yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mencatat berbagai transaksi perusahaan.

Tujuan dari tugas seorang accounting staff ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Setiap pencatatan dan klasifikasi yang dilakukan memiliki aturan dan standarnya masing-masing.

Namun secara umum, staff accounting membuat laporan keuangan berisi tentang laporan rugi laba. Selain itu, neraca keuangan perusahaan juga menjadi salah satu tugas staff accounting. Laporan tersebut bisa menggambarkan bagaimana hasil yang dicapai perusahaan dalam periode waktu tertentu.

10 Tugas Seorang Akunting Sebuah Perusahaan

10 Tugas Seorang Akunting Sebuah Perusahaan

Tugas seorang akunting sangat kompleks dan beragam sehingga Anda harus memiliki kemampuan multitasking. Secara umum berikut beberapa tugas seorang accounting, meliputi:

Membukukan Keuangan Perusahaan

Tugas pokok pertama dari seorang accounting, yaitu membuat pembukuan perusahaan. Saat menyusun laporan keuangan perusahaan, accounting harus menggunakan beberapa format. 

Namun, setiap perusahaan memiliki standar untuk pembukuannya. Contoh pekerjaan accounting dalam hal laporan akuntansi harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Memposting Jurnal Operasional

Tugas seorang accounting selanjutnya, yaitu memposting jurnal operasional perusahaan. Tujuan dari posting jurnal ini berkaitan dengan catatan berbagai aktivitas perusahaan. Baik itu untuk pemasukan maupun laporan pengeluaran dari operasional perusahaan.

Setelah memposting pencatatan tersebut, maka tugas selanjutnya accounting adalah memasukkannya ke dalam buku besar akuntansi. Buku besar ini termasuk hal yang penting bagi seorang accounting. Sebab, di dalamnya berisi kumpulan data dan rekapitulasi berbagai laporan akuntansi.

Mencatat Transaksi Keuangan Perusahaan

Selanjutnya, seorang accounting staff memiliki tugas melakukan pembukuan dari berbagai transaksi perusahaan. Berbagai pengeluaran ini harus dicatat dengan tepat dan rapi.  Sehingga nantinya akan memudahkan untuk menyusun pembukuan.

Pada saat membuat transaksi ini, termasuk untuk pencatatan gaji accounting harus mengikuti aturan perusahaan. 

Tugas Seorang Akunting Membuat Laporan Keuangan

Tugas seorang akunting selanjutnya yaitu membuat laporan keuangan. Hal ini termasuk tugas utama saat Anda menjadi accounting Staff. Untuk membuat laporan keuangan perusahaan, seorang accounting bisa menggunakan data rekapitulasi keuangan.

Data tersebut harus sudah mendapatkan pengesahan. Selain itu, laporan keuangan harus Anda serahkan ke pimpinan perusahaan.

Walaupun memang pimpinan jarang mengecek secara langsung satu persatu, namun laporan tetap akan dilihat. Format untuk menyusun laporan keuangan sudah ditentukan oleh setiap perusahaan.

Filling Dokumen

Proses data entry disebut juga proses filling. Seorang accounting juga memiliki kewajiban untuk menyusun memfilling berbagai dokumen keuangan. Meskipun proses ini terlihat sederhana, namun jika sampai salah, maka akan menimbulkan masalah tersendiri.

Sehingga tugas utama seorang staff accounting adalah teliti saat melakukan proses filling. Data filling sebagai dokumen pendukung untuk jurnal transaksi. 

Verifikasi Kelengkapan Dokumen

Selain itu, accounting juga harus memverifikasi kelengkapan dokumen keuangan, seperti:

  • Kuitansi
  • Faktur 
  • Invoice 
  • Nota

Hal terpenting yaitu accounting harus memastikan dokumen tersebut lengkap dan tersimpan rapi. Sebab, dokumen tersebut merupakan bukti sah pengeluaran yang nantinya juga dimasukkan pada laporan keuangan perusahaan.

Laporan Perpajakan

Selanjutnya, tugas staff accounting dan pajak berkaitan dengan penyusunan laporan perpajakan perusahaan. Penyusunan laporan perpajakan ini mulai melakukan perhitungan pajak secara keseluruhan hingga pajak untuk setiap pegawai.

Tugas Seorang Akunting Menyesuaikan Data

Rekonsiliasi berjalan beriringan saat accounting menyesuaikan data finansial dari setiap pengeluaran perusahaan. Saat melakukan tugas ini, accounting perlu melihat buku kas, buku bank, dan buku rekening sebagai acuannya. Selain itu, ada juga bisa menggunakan aktiva tetap serta transaksi keuangan lainnya.

Menghitung Gaji Karyawan

Terkadang, seorang staff accounting perlu mengetahui secara rinci gaji setiap pegawai. Di beberapa perusahaan, accounting memiliki tugas menghitung gaji karyawan secara detail. Perhitungan mengenai gaji biasanya meliputi gaji pokok, Uang lembur, bonus dan hal lainnya, misalnya saja pajak.

Mengurusi Surat Menyurat Perusahaan

Tugas terakhir yaitu mengurusi surat-menyurat perusahaan. Seorang accounting juga harus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak internal maupun eksternal. Hal ini karena ada kaitannya dengan keuangan perusahaan.

Keahlian Untuk Menunjang Tugas Seorang Akunting

Keahlian Untuk Menunjang Tugas Seorang Akunting

Untuk menunjang tugas accounting officer maka harus memiliki beberapa keahlian antara lain:

Tugas Seorang Akunting Mampu Menganalisa

Seorang accounting harus memiliki kecermatan yang baik sebab memiliki tugas untuk menyaring catatan keuangan. Catatan keuangan juga harus dianalisis secara mendetail dan akurat karena sifatnya yang kompleks. Jika terdapat kesalahan dalam menganalisis, maka akan membuat hasil yang tidak konsisten.

Seorang akuntan profesional bisa menilai hasil laporan dan menentukan apakah angka-angka tersebut masuk akal. Sehingga seorang akuntan harus bisa menentukan apakah angka tersebut bisa dihitung atau tidak.

Berpikir Kritis

Saat menjalankan tugas seorang akunting akan menghadapi berbagai kesalahan dan ketidakaturan. Apabila anda bisa mendeteksi hal tersebut maka akan tertangani dengan baik titik sehingga tidak akan merugikan perusahaan maupun klien.

Kemampuan berpikir kritis akan sangat membantu seorang accounting untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Selain itu, accounting harus mampu mempertimbangkan berbagai variabel serta potensi risiko sehingga bisa mengantisipasi dengan baik.

Kemampuan Berkomunikasi

Keahlian selanjutnya harus anda miliki yaitu mengasah kemampuan berkomunikasi. Selain bisa menganalisis secara optimal, Anda juga harus mampu menjelaskan apabila ada temuan yang tidak sesuai di laporan keuangan.

Anda harus bisa menjelaskan sebaik mungkin dengan pemahaman yang rinci terhadap laporan keuangan. Seorang akuntan juga memiliki fungsi sebagai penerjemah data keuangan perusahaan. 

Sehingga Anda harus memenuhi tuntutan agar bisa menjelaskan baik angka, bagan, grafik hingga tabel informasi pada bagian keuangan.

Keahlian Menggunakan Excel dan Spreadsheet

Seorang akuntan akan berkutat dengan beberapa program penunjang. Misalnya saja harus untuk program Microsoft Excel dan Google Spreadsheet. Sehingga, jika Anda ingin berkarir menjadi seorang akuntan maka harus mahir menggunakan kedua software tersebut.

Kredibel

Di setiap jenis pekerjaan akan membutuhkan kepercayaan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Untuk bisa menumbuhkan kepercayaan terhadap diri sendiri, maka Anda harus melatihnya. Namun, untuk mempertahankan kepercayaan orang lain, maka Anda perlu mempertahankan kredibilitas sikap.

Memiliki Mental yang Kuat

Ketika Anda memiliki mental yang kuat, maka akan menjadi salah satu investasi besar. Saat akan memulai karir dan ingin meningkatkan kemampuan, maka Anda harus memiliki mental yang kuat.

Nantinya Anda akan menghadapi berbagai masalah seperti data pekerjaan, kebutuhan klien dan berbagai masalah keuangan lainnya. Tentunya untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut membutuhkan pemikiran yang bagus dan mental yang kuat.

Agar bisa menjalankan tugas seorang akunting dengan baik dan benar, maka Anda harus memiliki beberapa keahlian. Keahlian tersebut harus Anda asah sebaik mungkin sehingga mendukung karir yang terus menanjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*